Pertanian organik: sederhana, sehat….. dapat menyelamatkan Bumi?


Pertanian organik: sederhana, sehat….. dapat menyelamatkan Bumi? Kebetulan, karena dunia kita mengalami krisis pemanasan global, semakin banyak orang yang sadar akan manfaat dari pertanian organik.

Konferensi video dengan Maha Guru Ching Hai dan Fidel Ramos, Mantan Presiden Filipina Bertindaklah Sekarang! – Demi Dunia yang Lebih Damai dan Aman, Taipei, Formosa (Taiwan) 21 Februari 2009
John Lefferts Petani Organik Anggota Asosiasi Kami dari Afrika Selatan

Lefferts (L):
Saya berasal dari Cape Barat, Plettenberg Bay, suatu tempat yang dinamakan Wittedrif. Kami telah berada di sini selama dua tahun. Dan kami harus mengatasi sebuah lahan pertanian yang sebelumnya digunakan sebagai ladang penggembalaan. Dan kami menemukan bahwa tanah tersebut kurang baik. Dan bagi kami yang paling utama adalah mencoba dan meletakkan kembali kompos humus di tanah jerami.

Humus adalah bahan organik yang membusuk yang membantu tanaman untuk tumbuh. Jerami adalah suatu penutup pelindung yang diletakkan di atas tanah untuk mengurangi penguapan air, untuk mencegah pertumbuhan rumput liar, untuk menjaga suhu tanah agar stabil, dan untuk menaikkan kesuburan tanah secara keseluruhan.
Lefferts: Tanah yang ada di sini sangat lempung, sehingga perlu udara. Karena setelah terkena hujan tanah menjadi padat, jadi satu-satunya cara untuk memberi udara ke tanah tersebut adalah dengan meletakkan humus yang luar biasa ini. Pada akhirnya humus itu menghidupkan seluruh populasi cacing karena mereka bernafas di dalam tanah. Semua mikroorganisme dapat hidup. Dan pada dasarnya itulah rahasia untuk benar-benar menanam hasil yang baik dengan lahan yang benar-benar sehat yang memiliki aliran udara yang baik, pembuangan yang baik.

Pengaturan tanah secara membumbung memiliki banyak manfaat. 

Lefferts (L): Tahap kedua harus membuat bubungan di atas tanah ini. Kemudian kita mengisinya dengan jerami untuk penyaluran yang lebih baik, karena tanah di sini lebih padat. Ia padat karena itu adalah tanah liat. Untuk memberikan penyaluran yang lebih baik bagi tanaman, apa yang kita lakukan adalah membuat bubungan di atas dan kemudian meletakkan jerami di dalamnya. Itu akan bercampur dan tanaman akan tumbuh di atasnya. Dan tanah akan lebih sehat, produksinya lebih baik.
Dan jika Anda melihat ke belakang saya, Anda akan tahu bahwa bubungan dengan sendirinya akan menciptakan pengeringan dimana tanaman sangat memerlukannya. Sebagai tambahan kita juga menutup atasnya dengan jerami. Dan sungguh-sungguh menghemat air. Itu memungkinkan kita untuk menyemprot air dua atau tiga kali dalam satu minggu daripada menyemprotkannya setiap hari.
Lefferts (L): Ini adalah satu ikat rumput kering indah yang sedang saya bicarakan. Dan apa yang kita lakukan adalah kita mengambil rumput kering ini serta menyebarkannya supaya tidak terlalu padat. Kita menyebarkan itu di atas bubungan, seperti yang Anda lihat, di terung, untuk memelihara kelembaban.
Lefferts (L): Jadi sekarang, seperti yang disebutkan, kita meletakkan satu lapis jerami di dalamnya untuk menjaga kelembaban. Dan jika Anda lihat, ini sangat indah, basah, dan mudah digali dengan ujung jari Anda. Itulah cara tanah itu disiapkan. Lalu Anda meletakkan jerami atau rumput kering di sekitar dasar tanaman untuk menyimpan air.
Penanaman strawberi adalah salah satu contoh baik dimana penggunaan rumput kering sangat menguntungkan.
Lefferts (L): Buah strawberi kita telah selesai, tetapi hal ini adalah satu fakta menarik tentang strawberi. Mereka disebut strawberi karena ketika tanaman itu keluar bunga kecil lalu itu akan menjadi buah beri. Jika Anda tidak meletakkan jerami maka buah beri akan jatuh ke tanah. Lalu serangga, cacing, dan lainnya akan memakan itu dari bawah. Tetapi jika Anda menempatkan satu wadah dari jerami, strawberi di atasnya akan masak dengan indahnya tanpa ada serangga yang memakan strawberinya, jadi itulah mengapa disebut strawberi.
Lefferts (L): Penyemprotan yang kita lakukan bukan termasuk obat pembasmi serangga atau pestisida atau herbisida apapun. Kita menggunakan satu sistem yang disebut pendamping penanaman. Pendamping penanaman memungkinkan kita untuk mengombinasi tanaman dengan bantuan serangga.
Karena kita memberi sesuatu untuk menarik mereka, juga bau semak duri yang tajam dari tanaman marigold atau tanaman bawang yang kuat dapat membuat serangga menjauh dari hasil produksi kita.
Contoh dari pendamping penanaman: bawang musim semi dengan starwberi, tanaman berbunga putih dengan kacang, jelatang menyengat di antara bayam Anda, semak duri dan marigold di semua bayam Anda, dan tulbaghia yang merupakan satu tanaman bawang putih liar yang Anda tanam di sekitar tanaman sayur-sayuran Anda. Banyak serangga tidak suka bau menusuk bunga tulbaghia.
Sesuatu seperti semak duri dan marigold juga ditanam secara umum di sepanjang jalan di sekitar sayuran Anda. Kita juga menggunakan jeruk verbena untuk diletakkan satu di masing-masing sudut, karena itu mempunyai bau yang tajam. Hal lain seperti bunga lavender digunakan secara ekstensif untuk mengurangi banyak serangga.
Pertanian organik yang benar biasanya sangat sedikit atau tidak ada serangga yang makan hasil panen.
Lefferts (L): Apa yang saya perhatikan dari pupuk ini adalah kesehatannya dan tidak ada serangga. Jika tanaman lemah, ia secara alami akan menarik perhatian serangga. Jadi ingat bahwa rahasianya adalah tanah yang sangat baik dan waktu Anda menanam. Air yang baik, persiapan tanah, jerami yang disebarkan di atas tanah, jerami yang menjaga penahanan air, semua unsur-unsur ini membuat tanaman yang sangat sehat, dan tanaman yang sehat membuat sedikit serangga yang tertarik.
Lefferts (L): Hal lain yang tidak lagi penting adalah jenis jerami yang Anda gunakan. Sebagai contoh, kentang, tomat, dan strawberi menyukai rumput asam. Rumput ini dibuat dari tanaman pinus jarum. Sedangkan banyak tanaman lain yang bersifat basa seperti sayur-mayur, bayam, selada, mereka seperti rumput yang bersifat basa. Dan itu mengagumkan, rasa tomat yang beda seluruhnya ketika Anda menggunakan rumput yang bersifat asam.
Kunci elemen lain dari pertanian organik adalah memilih waktu yang tepat untuk menanam. 
Lefferts (L): Sangat penting untuk mengikuti sistem penanaman Anda sesuai dengan bulan dan rasi bintang. Bulan mengontrol air laut pasang dan gravitasi. Jadi pada saat bulan penuh atau bulan purnama, air muncul sampai maksimum.
Demikian juga ketika potongan pertama, itu dilakukan saat bulan mulai menarik, ketika Anda akan menanam semua tanaman sayuran Anda. Dan ketika bulan itu mendorong, maka tanaman sayur-mayur Anda berakar. Alasan untuk itu adalah akar sayuran mengikuti air atau tanaman rindang untuk mendapatkan air.
Makanan organik benar-benar memberi kehormatan ketika menanam dan memakannya!
Lefferts (L): Ketika Anda mengambil tanaman secara langsung, dalam 6 jam gulanya telah berubah dan ini tidak lagi manis serta garing, tetapi sedikit pahit karena komposisi gula secara keseluruhan dari tanaman itu telah berubah. Oleh karena itu sangat penting jika semua orang menanam sendiri tanaman organik vegetarian. Memetik satu ikat asparagus keluar dari kebun milik Anda sendiri atau satu tomat atau kentang keluar dari tanah, itu tidak dapat dibandingkan dengan sayuran yang telah diangkut lama dalam perjalanan. Itulah mengapa sangat penting untuk mencoba serta menanam produksi Anda sendiri. “Mmmm, mmm, mm” Semoga Anda bisa mencicipinya!
Itu pasti membuat wajah segar dan penuh dengan rasa! 
Lefferts (L): Akhirnya, perbedaan dari memetik satu asparagus atau memetik yang segar dari kebun Anda benar-benar nyata karena mereka begitu sehat. Tidak ada pengganti untuk sayur-sayuran yang sehat. Kami telah mencatat bahwa anak-anak dan keluarga kami sangat beruntung dapat makan sayur-sayuran organik kita sendiri, sangat luar biasa karena anak-anak kami tidak pernah memerlukan dokter dan antibiotik, mereka juga tidak pernah sakit. Cobalah itu. 
Pertanian John Leffert diperkaya dengan panen yang bahagia. Seseorang bisa mulai mengembangkan hasil organik, tidak peduli walaupun ruang yang tersedia kecil  untuk penanaman.
Lefferts (L): Sangat menyenangkan dapat menghabiskan sedikit waktu bersama Anda sambil berbincang-bincang mengenai pertanian organik. Tetapi Anda tidak harus memiliki perkebunan organik untuk menanam secara organik, Anda dapat menanam tomat dalam pot di atas balkon, Anda dapat menanam tomat dalam pot. Anda dapat menggunakan rak pot dimana Anda dapat menanam semua tanaman rempah-rempah. Anda dapat menanam selada. Cobalah sesuatu. Sebagai pengalaman. Jelasnya ingatlah bahwa tanaman harus mendapat sedikit sinar matahari karena sinar matahari membantu terjadinya fotosintesa.
Tetapi Anda tidak perlu memiliki sebuah kebun. Anda hanya memerlukan keinginan untuk menanam sayuran sendiri tanpa insektisida, herbisida, pertisida, dan pupuk kimia. Semua hal yang Anda butuhkan adalah bahan alami, jadikan sebuah pesta, cobalah. Ini sehat. Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau. Terima kasih.

Terima kasih John Lefferts atas semua tips bermanfaat untuk menanam buah-buahan dan sayuran organik. Bukan saja hal ini menyenangkan dan sederhana, tetapi hal ini merupakan cara terbaik untuk menghasilkan makanan demi kesehatan Bumi kita!